April 12, 2010

BOROBUDUR - Local Brand That Goes International


Sekarang CAVLENT akan mengajak Anda melihat sebuah "destination brand" di Indonesia yang sangat terkenal di dunia yaitu CANDI BOROBUDUR. Sebelum kami membahasnya dalam kajian brand, mari kita pelajari sekilas sejarah Candi ini.
Now CAVLENT is going to take you get closer to a well-known destination brand in Indonesia which is BOROBUDUR TEMPLE. Before we go on brand perspective, let's find out the history behind the temple.


BOROBUDUR TEMPLE,
one of Indonesia's destination heritage



HISTORY



Buddha Statue

Adalah sebuah warisan kebudayaan Indonesia yang telah berdiri dengan megah sejak abad ke 9 Masehi hingga saat ini. Dibangun pada dinasti Syailendra, CANDI BOROBUDUR merupakan candi beragama Budha yang pernah dilupakan karena sebagian besar bangunannya pernah tertutup tanah vulkanik, pepohonan, dan semak belukar akibat letusan gunung berapi. Namun pada akhirnya ditemukan kembali oleh Sir Thomas Stamford Raffles pada tahun 1814 saat Inggris menduduki Indonesia. Beliau mendapatkan kabar tentang penemuan benda purbakala berukuran raksasa di desa Bumisegoro daerah Magelang. Proses penggalian candi ini berlangsung lama mengingat area candi yang cukup luas yaitu 123 x 123 meter, dan akhirnya berhasil digali seluruhnya pada tahun 1835. Sejak tahun 1991, CANDI BOROBUDUR ditetapkan sebagai World Heritage Site atau Warisan Dunia oleh UNESCO.
BOROBUDUR TEMPLE is an Indonesia heritage which was built in approximately 9th centuries. Founded in Sailendra dynasty, BOROBUDUR TEMPLE is a Buddhist temple that had been forgotten for some period because it lay hidden under layers of volcanic ash and jungle growth. But it was finally discovered in 1814 by Sir Thomas Stamford Raffles when British invented Indonesia. He was informed about a big monument deep in a jungle near the village of Bumisegoro, Magelang. Then the cleared up process took years due to the large complex 123 x 123 meters, and it was finally unearthed on 1835. Since 1991, BOROBUDUR TEMPLE was listed as a World Heritage Site by UNESCO.



BRAND PERSPECTIVE


From Borobudur's View


Bila dikaji dalam sudut pandang brand, maka BOROBUDUR adalah sebuah merek internasional yang diproduksi di Indonesia oleh sebuah perusahaan yang bernama SYAILENDRA. Dapat dikatakan sebagai sebuah brand lokal yang saat ini berhasil diakui oleh dunia internasional. Brand ini dilaunching sejak abad ke 9 Masehi dan masih bertahan hingga saat ini. Produk CANDI BOROBUDUR berupa sekumpulan batu yang didesain sedemikian rupa dan dirangkai dengan teknologi arsitektur kuno (disusun berdasarkan pola dan ditumpuk tanpa semen dan perekat) namun kaya akan filsafat ajaran Budha sebagai salah satu added value yang dimiliki. Ajaran Budha ini dapat dilihat pada dinding-dinding candi dimana terdapat relief (total 2670 relief) yang menceritakan kehidupan sang Budha.
On brand perspective, BOROBUDUR is a local brand manufactured in Indonesia by SAILENDRA company and successfully goes international. Founded in the 9th centuries, the product is made of thousands stones that designed and built using old architect technology ("dirangkai" based on pattern and "tumpuk" without "semen" and "perekat"). It is rich of Buddhist philosophy as one of the added value and can be found on the wall that has 2670 reliefs, which telling us about the Buddha's story.



Borobudur Information Board


Sebagai pelengkap, brand ini menyediakan beberapa service dan fasilitas penunjang untuk meningkatkan brand performance-nya di mata customer (dalam hal ini para pengunjung), antara lain :
1. Area parkir yang luas
2. Toko pernak-pernik tradisional, terletak di akses keluar masuk candi
3. Lokasi penjualan tiket
4. Local guide yang fasih berbahasa Inggris dan menguasai product knowledge (salah satu ujung tombak yang memiliki peranan besar dalam kepuasan customer terhadap brand, dalam bisnis semacam account executive/PR)
5. Rute perjalanan yang jelas, khususnya akses keluar masuk
6. Eksklusifitas pengunjung, dimana area candi dikhususkan bagi para pengunjung/turis dan pedagang asongan dilarang memasuki area candi


Beside a good product, BOROBUDUR brand also provides some services and facilities to improve the brand performance and create the customer satisfaction such as :
1. Large parking area
2. Traditional merchandise shop on entrance and exit
3. Ticket counter
4. Local guides who speak English fluently and know well on product knowledge (one of the front liners who play roles on customer satisfaction. In business it is kind of account executive / public relation)
5. Clear route from entrance to exit
6. Only visitors are allowed to get into the temple's complex




One way to the top


Walaupun tetap ada beberapa point yang masih perlu diperhatikan (kebersihan area candi, fasilitas toilet, kelengkapan tempat sampah, security di beberapa titik dalam candi untuk menegakkan peraturan dilarang merokok, dll), brand Candi Borobudur memiliki ciri khas yang tidak dimiliki oleh bangunan lain.

Even there are still some parts that need more attention (clean, toilet, garbage trash, securities inside the temple to control the smokers, etc), the brand has its own uniqueness that can't be found on similar building.


Stand Among Centuries


Happy Family Time


Another view of Borobudur


Dalam diskusi ini dapat dilihat bahwa brand lokal juga dapat bersaing dengan brand internasional ASAL memiliki uniqueness yang kuat yang tidak/belum dimiliki oleh brand lain, minimal dapat dibedakan. Contohnya meskipun sama-sama dari batu, BOROBUDUR dapat dibedakan dengan Tembok Cina. Baik dari teknik arsitekturnya (dalam bisnis adalah faktor teknologi), bentuk bangunan / pengemasan bangunan (dalam bisnis adalah faktor packaging), fungsi (dalam bisnis adalah kegunaan produk, dan lain-lain.

Through this discussion, we know that a local brand can compete in international market JUST IF they have a strong uniqueness that isn't/hasn't owned by others, at least can be seen the difference. Example, even used the same materials, BOROBUDUR is different with CHINESE GREAT WALL for the architect technique (in business, the point is on the technology), building shape / packaging (in business, the point is on the packaging), function (in business, the point is on the product utility), and others.


Selain unik dan berbeda, sebuah brand juga perlu diperkenalkan atau dikomunikasikan dengan cara yang tepat. Salah satu yang terjadi dengan CANDI BOROBUDUR adalah Indonesia meminta bantuan UNESCO hingga akhirnya mendapatkan penghargaan World Wonder Heritage.
Beside the uniqueness and differentiation, a brand is also needed to be communicated on the right way. What the previous government did was make a report to UNESCO until it is finally listed as the WORLD HERITAGE SITE.


Nah, bagaimana dengan brand Anda? Sudah mampukah brand Anda bersaing dengan brand competitor yang ada? Sudah adakah uniqueness dan diferensiasinya? Kalau belum, ciptakanlah sekarang juga!!
Well, how about your brand? Can it compete with the competitors? Is there any uniqueness and differentiation? If it hasn't, create it soon!!!


The Silhouette of The Great


Semoga artikel ini bermanfaat. Dan bagi Anda yang memiliki pandangan lain tentang Borobudur, please submit your opinion here... CHEERS!!! =D
We hope this discussion is useful and inspired you to make a better brand. To everyone who has a different perspective about BOROBUDUR, please submit your opinion here... CHEERS!!! =D


Sincerely yours,
CAVLENT's team

All photographs on this article are courtesy of CAVLENT brands consultant

1 komentar:

calissavajda mengatakan...

Is it legal to play slots at any casino in Nevada?
There's no legal reason 창원 출장마사지 to play slots at any casino in Nevada. to play 김천 출장마사지 any gambling 평택 출장샵 device in 당진 출장안마 the Nevada gaming 광주광역 출장마사지 market. It is illegal to