November 08, 2009

TRADEMARKING


COPYRIGHT and REGISTERED

(Indonesian Version)


Mungkin kita semua sudah pernah lihat kedua ikon ini dalam beberapa logo. Tapi sebenarnya apa sih maksud dari kedua ikon ini? Berikut ulasannya...


"C" mewakili copyright, dan "R" mewakili registered. Kedua ikon tersebut merupakan bagian dari proses trademarking, dimana memiliki tujuan untuk melindungi suatu merek dari pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab (baca : pembajak). Apa yang dilindungi? Dalam trademarking, yang akan dilindungi secara hukum dalam hal ini adalah KEKAYAAN INTELEKTUAL (bisa juga diartikan "Hak Cipta"). Kemudian, apa sih beda dari kedua ikon ini?

1. COPYRIGHT
Digunakan untuk melindungi suatu karya yang memiliki bentuk visual gambar. Contoh dalam logo CRISANMAS berikut ini.


Logo ini terdiri dari 2 unsur yaitu gambar kotak (diistilahkan "logogram") dan tulisan CRISANMAS (diistilahkan "logotype"). Copyright dalam logo ini adalah untuk bagian logogram karena logogram tersebut merupakan sebuah gambar yang diciptakan secara khusus berdasarkan karakteristik perusahaan. Dan dalam undang-undang Hak Cipta, logogram tersebut adalah sebuah karya cipta intelektual. Apabila logogram tersebut digunakan oleh pihak lain (untuk bidang usaha yang sama/berbeda), maka CRISANMAS memiliki kekuatan hukum untuk menuntut pihak tersebut.

2. REGISTERED
Digunakan untuk melindungi sebuah nama (baca : Merek). Dalam contoh CRISANMAS, yang mendapat perlindungan ini adalah nama dari CRISANMAS. Sehingga CRISANMAS berhak menempuh jalur hukum apabila ditemukan pihak lain yang menggunakan nama CRISANMAS khususnya dalam bidang furniture.


Setelah memahami kedua arti diatas, semoga kita menjadi tahu perbedaan dan fungsi dari kegiatan trademarking. Semoga informasi ini dapat berguna, dan memberikan wawasan baru bagi kita semua mengenai kekayaan intelektual. Salam!!



Regards,
CAVLENT's team

Kami membuka kesempatan bagi siapa saja yang ingin memberikan kritik, saran, ataupun informasi serupa dalam artikel ini untuk topik diskusi

Tidak ada komentar: